Sunday, April 10, 2011

Just a thought

lucu kalau melihat dongeng yang sudah kita baca sejak kecil menceritakan mengenai kisah "Pangeran dan Putri". dongeng akan dimulai dengan Putri yang malang dan akhirnya diselamatkan oleh Pangeran tampan, kuat, gagah berani, dan baik hati.

sebut saja mulai dari Cinderella, Snow White, Ariel ataupun Putri Aurora. Padahal kalau kita melihat lebih dalam, para putri yang seolah-olah lemah-tak berdaya-menunggu-diselamatkan-pangeran-ini jauh lebih kuat daripada para pangeran itu.

Cinderella ditinggalkan oleh ayahnya hingga akhirnya disiksa oleh Ibu tiri dan kedua saudara tirinya. kemudian Snow White yang dijahati Ibu tirinya serta harus bergaul dengan kurcaci yang bahkan tak dikenalnya. Bella (dalam Beauty and The Beast) yang harus tinggal dengan Makhluk Seram serupa monster serta perabotan yang bisa berbicara. Serta Ariel sang putri duyung yang harus meninggalkan lautan, menuju daratan yang bisa saja membunuhnya kapan saja.

bagi saya ini menarik, karena tanpa sadar wanita diajari sejak kecil untuk mempertahankan keinginannya, memperjuangkan apa yang dianggapnya benar, dan yah harus selalu bersabar karena kebahagiaan akan menanti di akhirnya.

sejak kecil wanita sudah diajarkan bahwa dunia sekeliling ini kejam, meskipun mereka berjuang seringkali selalu menjadi tokoh yang dipinggirkan dalam hidup sehari-hari. meskipun mereka mengangkat pedang, kecil sekali yang akan mempercayainya dapat memenangkan perang (seperti dalam Jeanne d'Arc atau Joan of Arc).

well after all, it's just a thought.

Cheers,

-lune-

No comments:

Post a Comment